Sabtu, 12 Maret 2016

Interview BAS di BNI Life Insurance

hai, gue mau berbagi pengalaman selama interview di BNI Life.
jadi ceritanya gue dapet E-mail buat dateng ke Landmark Tower A Lt. 22 buat interview. nah, sesampainya disana sekitar jam 9 gue naik lift lah ke Lt. 22 dan ternyata udah banyak orang yg dateng dan udah mulai ngisi data diri. gue pun minta form data diri ke security BNI Life yang tepat didepan lift. ngisi data diri selesai. abis itu ada mas-mas yang dateng dan ngasih tau kalo kita bakalan memasuki tahap psikotes, soal mulai dibagiakan, gak banyak sih cuma 1 lembar tapi bolak balik. jadi totalnya ada 30 soal gambar gitu di cocok2in dan diwaktuin. gue lupa berapa lama waktunya dan gue cuma ngisi 20 dari 30 soal karena udah keabisan waktu. gue udah pesimis dong gak bakalan diterima. secara cuma 20 soal yang gue isi. sisanya masih kosong melompong. dan yang bikin gue panik waktu mas-mas nya bilang kalo tahap seleksi dari awal sampe akhir dilakuka hari itu juga. jadi kalo tahap awal (psikotes) ini gak lolos boleh langsung pulang.kebayang kan betapa percumanya perjalan gue dari Cikarang ke Jakarta kalo gak lolos. tapiiiiiiii jeng jeng!! gue LOLOS tahap psikotes. gue hampir gak pecaya karena dari 30 soal, cuma 20 yang gue isi. apalagi setelah tau temen2 yang lain rata2 ke isi semua, ya paling cuma 1 atau 2 yang kosong. tapi Tuhan berkata lain (haseekk) gue lolos, sementara mereka yng ngisi 80% dari soal itu kebanyak gak lolos ahhahaha (ketawa jahat).
oke, kira2 peserta yang tersisa tinggal 30 orang dari 60 peserta awal. kemudian setelah itu, kita dipanggil 4 orang per tim untuk wawancara. wawancaranya mencar2, ada yang stay di lantai 22 ada juga yang pindah ke lantai 21, suka2 yang ngewawancarain aja sih mau dimana :D dan gue kebagian di lantai 21 bersama 2 orang teman lainnya yang masih sama2 fresh graduate juga kaya gue. kita diwawancara sama mbak2 yang cantiiiiiiikkkk banget. (serius, ini gak boong). gue kebagian interview pertama, dan jantung gue mulai memopa darah lebih cepat alis deg2an. oke, gue coba buat santai biar gak gagap pas jawab pertanyaan. inteview dilakukan sekitar 15 menit, setelah itu mbak2 yang interview gue ngajak salaman sambil bilang gini "selamat, anda lolos tahap ke-2 (interview) nanti balik lagi jam 14.00 dan bertemu dengan mbak Annisa untuk tahap selanjutnya". wah, pengen jingkrak2 rasanya. gue keluar ruangan dan satu persatu temen gue yg lainnya pun dipanggil. tapi sayang, mereka gak lolos. cuma gue dari tim ini yang lolos. sedih sih karena temen satu tim gue gak lolos, tapi disamping itu tetep gue ngerasa bangga udah lolos dan memperkurang saingan gue nanti. waktu menunjukan pukul 11.00 masih lama nunggu jam 14.00 akhiranya waktu luang itu gue pergunakan untuk makan siang.

jam 13.30
setelah makan siang diluar gedung, gue pun kembali ke lantai 21 buat ikut tahap selanjutnya. dan yang bikin gue syok ternyata hari itu yang lolos cuma 3 orang dari 60 peserta awal. oh my God, betapa beruntungnya gue. jam 14.00 teng kita disuruh ngumpul di satu ruangan barengan sama 2 orang yang dijadwalkan offering hari ini juga. jadi tital ada 5 orang. disitu kita dijelasin cara kerja BAS seperti apa, gaji & bonus yang di dapat. dan lain sebaagainya.
kita mulai training tanggal 28 Maret 2016 selama 20 hari dan yang rumahnya jauh akan mendapatkan fasilitas hotel GRATIS. semoga gue dapet, secara rumah gue kan di Cikarang yang gak ada di peta (boong deng).
Bismillahirrahmanirrahim..menunggu waktu training tiba semoga tidak terjadi masalah atau halangan sedikit apapun. aamiin.

19 komentar:

  1. Halo mbak, bagaimana kelanjutannya stelaj masa training. Saya masih dalam tahap offering tp jujur masih ragu mbak.Kebetulan saya ditawarkan posisi WBAS. Mkasih infonya mbak

    BalasHapus
  2. Trus mbak sampean jadi ambil ta pendidikannya...saya hari ini juga pendidikan...mohon petunjuknya...

    BalasHapus
  3. Hallooo untuk selanjutnya gimana sdh keterima kerja. Kerja nya gimana ?mau info nya yaa , saya kamis ini interview dan psikotes..

    BalasHapus
  4. Hallooo untuk selanjutnya gimana sdh keterima kerja. Kerja nya gimana ?mau info nya yaa , saya kamis ini interview dan psikotes..

    BalasHapus
  5. untuk fresh graduate kerja jadi Banccasurance bagus kok gaji diats umr

    BalasHapus
  6. trus training nya ada di minta biaya gak?? mohon di jawab ya trm kasiihh ☺️

    BalasHapus
  7. kalau target tidak tercapai selama 3 bulan berturut2 setelah bekerja satu tahun akan di terminasi.
    kesusahan yg dialami Bancassurance specialist antara lain:
    1. referal dari staff bni sendiri tidak jalan ( tidak seperti bank mandiri ke axa mandiri)
    2. status bukan karyawan kontrak tetapi mitra kerja, sehingga tunjangan yg umum diberikan juga tidak akan di dapat. contoh thr, harus ada target yg bisa dicapai untuk mendapatkan THR, kalau tdk tercapai, tidak akan ada THR, selain itu asuransi kesehatan juga tidak ada sebelum 1 tahun bekerja, tunjangan anak istri tidak ada, atasan juga terkadang mempekerjakan kita di hari libur (kanvasing).
    pekerjaan ini cocok bagi jomblo, tetapi sangat tidak cocok bagi yg ingin mengandalkan pekerjaan ini untuk memenuhi kebutuhan hidup dan keluarga.
    3. Tekanan dr atasan lebih berat drpd tekanan ibu mertua

    Berpikirlah sebelum memulai karir disini, pekerjaan pertamamu menentukan pekerjaan2 selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget. saya juga bancassurance specialist masih tahap baby dan akhirnya saya memutuskan untuk resign. lebih baik bekerja di perusahaan lain dengan status lebih jelas dan "kajen" kalau kata orang jawa hehe

      Hapus
    2. mbaa, boleh minta kontaknya ?

      Hapus
    3. mbaa, boleh minta kontaknya ?

      Hapus
  8. Haii all.. Saya baru saja akan memulai interview.. Melihat dan membaca bbrp komentar dari semuanya, hampir semuanya ada rasa ragu..sebenarnya apa yg buat pekerjaan ini tidak bisa diminati secara baik oleh kawan kawan... Mohon donk.. Saya jadi ragu sebelum esok tiba ne.. �� cabang tg. Balai Karimun. Kepri

    BalasHapus
  9. Info dong guys kalo tugas nya wbas itu ngapain aja yg prioritas nya
    Soalnya saya dpt bisikan dr orang bni nya langsung katnya wbas ga disuruh buat cari2 nasabah koq, bener ga sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang gak nyari, tapi kita stay di bank bni nunggu refferal dari staff bank. Kaya Teller CS, Kabag, AO, RO, Kacab dll. Dominan sih CS karena mereka yang suka ngobrol ama nasabah. CSO info ke nasabah tentang produk yg dijual kalo nasabah mau nanti akan diarahkan ke bagian Bancassurance yaitu kita. Kalo kita deket ama staff bank. Otomatis mereka akan banyak jualan. Tapi inget, mereka ga asal jualan. Harus ada feedback nya juga. Trrserah kita mau ngasih apa. Undertable juga bukan rahasia umum ko. Tapi diem2 aja.
      Semoga bermanfaat

      Hapus
  10. Gini aja ya buat freshgraduate yy br lulus yg msh pada2 manjahh, ane ksh tau, mana ada posisi marketing yg enak, harus siap tempur, nah kalo ada lowongan pekerjaan itu posisi uda ngarah k marketing, buat kalian2 yg manja ini mnding gausa daftar sama skali, krna biar bs jd marketing itu harus ada passion bukan skdar coba2, oke ? Jd gausa banyak tanya lg kerjaan marketing tu enak pa enggak, lagian yg namanya kerja mana ada yg enak .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkkkk .. kok benar bget km ya ? Mantap komen ny

      Hapus
  11. mau nanyak nih kalau misal kerja selama 3 bulan tidak memenuhi target, apakah saat dipecat didenda uang apa enggak?

    BalasHapus
  12. Guys aku ojt di bni life tapi ingin resign karna saya keterima kerja di tempat yg lebih baik kira2 saya kena denda ga ?

    BalasHapus
  13. Kalau sudah ttd kontrak tp gaikut training nya kira2 kena denda 6jt ga ya? Mohon informasinya

    BalasHapus