Minggu, 13 Maret 2016

Resign dari RS swasta yang kejam

Mungkin buat orang lain gue dianggap “bego” karena udah memutuskan resign dari tempat kerja yang jenjang karirnya bagus buat masa depan. Tpi asal kalian tau ya, Rumah Sakit tempat gue kerja itu “kejam” banget. Peraturannya terlalu ketat dan lingkungan kerjanya juga bikin gak betah. Gue jelasin background gue dulu kali ya. Gue adalah seorang diploma keperawatan dari salah satu untiversitas swasta di Jakarta.
Oke, gue jelasin dari awal. Jadi, Rumah Sakit tersebut adalah RS swasta yang cabangnya dimana-mana (pulau Jawa). Gue kerja disana selama 4 bulan. Setelah lulus kuliah gue ngelamar ke beberapa RS dan semua RS yg gue lamar tersebut mengundang gue buat interview, setelag gue datengin dan tau berapa gaji dari RS tersebut gue memutuskan buat mundur dan cari kerjaan yang lebih menjnjikan dari segi financial alis gaji. Dan akhirnya Rumah Sakit swasta ini pun manggi gue untuk interview. Mereka menjanjikan gue gaji yang lumayanlah buat fresh graduate kaya gue dan jenjang karirnya juga bagus. Jadi gue training selama 12 hari, kontrak 3 bulan, setelah itu diangkat jadi karyawan tetap. Tapi, disetiap tahap tersebut kita diwajibkan untuk ujian sebagai tes kelayakan pantas tidaknya kita dingkat menjadi karyawan tetap. Dan setelah berunding dengan kedua orang tua gue, gue pun diizinkan buat kerja di RS tersebut. Anggep aja nama RS-nya itu RS A ya, biar gak ribet gue ngetiknya hahahaha.
*masa orientasi*
Disini kita belajar selama 12 hari. Belajar mengenal lingkungan RS dan mengulang lagi apa yg gue pelajari dulu di kampus, setelah hari ke-12 kita pun ujian dan gue lulus.
*masa kontrak*
Setelah masa orientasi gue masuk ke masa kontrak selama 3 bulan. Gue ditempatin di ploklinik. Awalnya gye seneng banget karena bisa libur tiap hari minggu dan tanggal merah dan gak ada shift malemny pula. Hari pertama lumayan asik, senior2nya juga asik. Tapi beberpa hari kemudian topeng mereka mulai kebuka satu persatu. Dari mulai koordinatornya yang rese sampe senior2nya yang nyebelin. Jadi selama 3 bulan kontrak, gue dimentorin sama 1 senior yang judesnya minta ampun. Gue dituntut harus bisa melakukan tugas2 gue dengan cepat. Ya, walaupun itu emang tugas gue, tapi kalo gue diajarinnya pelan2, santai dan gak pake acara senioritas kaya gini gue juga bakalan cepet tanggep. Tiap hari gue nyerahin tugas apa aja yang udh gue lakuin. Gak jarang juga gue ditegor Cuma karena lupa nyerahin laporan.
*masuk ke cerita klimaks*
Jadi, selama beberpa hari terakhir gue ngerasa gak enak badan banget, pusing, padan pada linu ah pokoknya lemes banget. Dan parahnya lagi, gue dipaksa harus tetap bekerja dengan kondisi seperti itu. Helooowwww gue juga manusia, bisa sakit. Emang suster gak boleh sakit? Setelah pulang kerumah, keesokan harinya bokap gue maksa gue buat berobat ke klinik deket rumah gue. Seteah cek darah, gue didiagnosa DBD (demam berdarah dengue) oleh dokter. Gue syok dong. Berarti gue harus dirawat. Sementara peraturan RS A itu, kalo karyawannya sakit harus kudu wajib berobat dan dirawat disana. Tapi tanpa piker panjang bokap gue pun langsung meng_iya kan kata2 dokter buat merujuk gue ke UGD buat ditanganin lebih lanjut secara waktu itu trombosit gue 20, udah hamper lewat deh pokoknya.
And yaou know what? Selama di RS tempat gue dirawat, gue ditelponin terus sama orang RS A. padahal gue udah minta tolong sama temen gue buat nyampein kalo gue dirawat dan gak bisa masuk kerja selama beberapa hari. Dan temen gue pun udah nyampein itu ke coordinator gue. Tapi emang dasar RS & orang2 kejam kali ya, mereka gak mau tau alesan gue. Akhirnya setelah 4 hari gue dirawat, dokter pun mengizinkan gue buat pulang dan rawat jalan. Setelah pulang gue mikir ngapain jug ague kerja di RS yang emang tempat orang sakit, tapi karyawannya gak boleh sakit. Gue pun akhirnya memutuskan untuk resign. Tapi, belom sempet gue bikin surat resign, orang RS A keburu yamperin gue ke rumah. Astagfirullah, gue kan masih gak sehat. Nanti juga kalo gue udah sembuh, udah bisa jalan tanpa pusing dan sempoyongangue sendiri yang kesana. Gue dan kelurga gue pun makin kesel, dan akhirnya setelah gue sembuh dan bisa pergi2an jauh, gue ke RS A buat resign secara baik2 dan ngembaliin semua barang2 milik RS tersebut. Gue kesana tanpa pamit dulu sama orang2 diruangan gue, karean saking gondoknya gue sama mereka. Emang gak sopan sih, tapi kan mereka duluan yang mulai.
Dan Alhamdulillah sekarang gue udah diterima disalah satu perusahaan asuransi yang besar, dan gue berharap semoga tempat kerja gue yang ini orang2nya asik, enak diajak kerjasama, lingkungan kerjanya menyenangkan, dan yang paling penting mereka masih punya hati. Gak kaya orang2 di RS A. aamiin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar